Berita

KM ITB Adakan Aksi Peringatan 11 Tahun UU Migas

Hari ini, Jumat, 23 November 2012, Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung menggelar aksi peringatan 11 tahun pengesahan undang-undang minyak dan gas bumi. Aksi ini dilakukan di depan monumen kubus ITB dan dimulai pukul 09.00. Sekitar 30 mahasiswa hadir dalam aksi ini.

Aksi ini terkait dengan pembubaran Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) 13 November lalu oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Sementara ini wewenang BP Migas diserahkan kepada Satuan Kerja Sementara Pelaksana (SKSP) di bawah Kementrian ESDM.

Dalam aksinya, KM ITB menuntut dan mendesak Pemerintah RI menunjuk Pertamina untuk mengambil alih pengelolaan blok Mahakam dan blok-blok migas yang habis masa kontraknya. Menurut KM ITB, bila Pertamina diberi kepercayaan mengelola blok Mahakam, sebagai salah satu blok migas terbesar, hal ini dapat menambah pemasukan Pertamina maupun negara. Hal ini dirasa dapat mengembangkan blok migas yang lebih banyak ke depannya dan bisa mewujudkan ketahanan nasional serta dapat mengikis dominasi asing.

Dalam pernyataan sikapnya ini, KM ITB meminta pemerintah bersama DPR perlu segera membentuk payung hukum baru yang mendukung kedaulatan energi nasional. [Mita]

Komentar