Berita

Unit Kegiatan Mahasiswa di Gedung Eks-MKOR Harus Siap Berkemas

Setelah sekretariat unit-unit kegiatan  mahasiswa di Aula Timur resmi dipindahkan, kini giliran sekretariat unit-unit kegiatan mahasiswa di gedung eks MKOR yang harus menghadapi pemindahan. Gedung eks MKOR yang menjadi ‘rumah’ bagi beberapa unit kegiatan mahasiswa rencananya dalam waktu dekat ini akan diruntuhkan untuk kemudian dibangun menjadi gedung baru.

Ketika ditemui di kantornya, Rudy Hermawan Karsaman (Direktur Pengembangan Direktorat Pengembangan ITB), mengatakan bahwa gedung eks MKOR hingga Kantin Barat Laut (KBL) akan diruntuhkan untuk kemudian dibangun ulang menjadi gedung kuliah Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM). Tetapi nantinya gedung yang akan dibangun lima lantai ini tetap akan menyediakan sekretariat-sekretariat unit di bagian basementnya. Menurut Rudy, sekretariat-sekretariat unit di basement gedung ini akan diperuntukkan bagi unit-unit kegiatan mahasiswa yang dulunya memiliki sekretariat di gedung eks MKOR.

“Untuk itu unit-unit yang bersekre di eks MKOR dan Kantin Barat Laut akan dipindahkan dulu sementara ketika pembangunan ini berlangsung,” tutur Rudy.

Pembangunan ini rencananya akan berlangsung pada awal tahun 2014. Saat ini pihak ITB tengah mengajukan penghapusan bangunan tersebut kepada Departemen Keuangan. Paling cepat penghapusan bangunan ini akan berlangsung selama 2 bulan dari sekarang. Setelah itu baru gedung eks MKOR dapat diruntuhkan. Oleh karena itu, menurut Rudy sekitar bulan Desember 2013 ini sekretariat-sekretariat unit yang ada di gedung eks MKOR seharusnya sudah mulai dipindahkan sementara.

Sebenarnya rencana pembangunan kembali gedung eks MKOR ini sudah ada sejak tahun 2008. Bahkan tahun 2011 rencana ini sempat disosialisasikan kepada mahasiswa. Namun menurut Rudy pendanaan gedung ini dari Freeport baru ada sekitar satu bulan terakhir sehingga rencana pembangunannya baru dapat direalisasikan awal tahun 2014 mendatang.

Menurut Rudy, pembangunan gedung ini rencananya akan memakan waktu selama satu tahun. Lalu, ke mana sekre-sekre unit ini akan dipindahkan selama satu tahun?

“Mengenai ke mana sekre-sekre ini akan dipindahkan sementara, itu sebenarnya keputusan dari Sarpras (Sarana dan Prasarana),” jawab Rudy. Namun hingga saat ini belum ada keputusan resmi mengenai ke mana sekre-sekre unit yang ada di gedung eks MKOR akan dipindahkan. “Mungkin dalam dua atau tiga minggu ke depan Sarpras dengan dibantu LK akan mengadakan sosialisasi lagi kepada unit-unit yang ada di gedung MKOR,” tambah Rudy.

Mengenai Kantin Barat Laut (KBL), Ubaydillah Yus’an (AS ’10), sebagai Humas dari Kokesma mengatakan bahwa pihak Kokesma berharap agar KBL dapat diberi tempat di CC Barat lantai 3. Sedangkan untuk pemindahan sekretariat ia mengatakan bahwa Kokesma siap jika dipindahkan. “Tetapi tempatnya harus di sekitar kampus dan kalau bisa dekat dengan KBL dan Tokema agar mudah berkoordinasi dengan pegawai,” tutur Ubaydillah.

Sementara itu, Rudy berpesan agar unit-unit kegiatan mahasiswa yang ada di Gedung eks MKOR tidak khawatir tidak kebagian sekretariat, karena dalam perencanaan gedung baru tersebut pihak ITB sudah mengeplotkan unit-unit yang bersekre di Gedung eks MKOR untuk mendapatkan sekretariat baru di basement gedung baru ini. “Untuk ukuran sekrenya kurang lebih sama seperti yang dulu,” pungkas Rudy. [annisa]

Komentar