Berita Featured

ITB Insight Festival, Cara Menyenangkan untuk Belajar Fisika Teknik

Sabtu, 23 November 2013, kesibukan terlihat di area lapangan basket ITB. Sebuah panggung juga telah berdiri di lapangan CC Timur ITB, atau yang lebih terkenal dengan sebutan lapangan cinta. Ya, hari itu ada acara puncak ITB Insight Festival dari Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT) ITB. Acara ITB Insight Festival, peringatan dies natalis ke-60 HMFT ITB ini dimulai sejak pagi. Sekitar pukul 09.00 WIB rombongan siswa SD dan SMP mulai meramaikan berbagai wahana yang ada di lapangan basket ITB. Wahana Art and Technology, menerapkan prinsip-prinsip fisika yang dipelajari di Fisika Teknik. Wahana ini terdiri dari rumah ilusi, singing glass, bilik jeritan, 3D painting, kursi paku seimbang, kutu-kutu listrik, angklung sihir, dan masih banyak lagi. Menjelang sore, sekitar pukul 16.00 WIB mulai berdatangan para mahasiswa dan siswa SMA. Acara ini memang dikhususkan untuk anak-anak di pagi hari dan remaja serta orang dewasa di sore hingga malam hari.

Rangkaian acara sebelumnya di antaranya, seminar green building, sound engineer training, lomba angklung untuk siswa SMP dan SMA, temu alumni Fisika Teknik hingga puncak acara yakni Stage Show yang menghadirkan band Netral. Wahana yang tak kalah menarik adalah Rumah Hantu 4D Mbok Dengklang, rumah hantu ini menggunakan konsep  visual, akustik, perasaan dan pengaturan dari segi cahaya dan suara sehingga orang akan merasakan sensasi yang mirip dengan rumah hantu sesunguhnya.

 Ketua Divisi Publikasi, Luhung Pravubinantaka, mengatakan bahwa tujuan dari acara ini adalah ingin membuat acara besar yang berbeda untuk warga Bandung, mengenalkan konsep fisika dengan cara yang menarik, sehingga secara tidak sadar orang belajar. Ia menambahkan bahwa di Indonesia teknologi sangat kurang sehingga ia ingin mengubah mindset orang tentang teknologi.

Beberapa pengunjung mengaku mengetahui acara ini dari poster-poster dan tertarik untuk datang karena penasaran dengan wahana Art and Technology nya.“Bagus, kita jadi lebih tahu tentang fisika. Nyambung sama pelajaran hari ini, jadi nggak cuma teori tapi bisa praktik langsung”, kata Istifa Robbi, siswi SMA N 4 Bandung ketika ditanya pendapatnya mengenai acara ini.

Pengunjung mengaku puas dengan serangkaian acara yang selesai pada tengah malam ini. “Bagus banget keren banget, acara dari satu himpunan tapi bisa segede ini, bisa mengundang Band Netral, menyajikan berbagai wahana dan gratis. Keren lah pokoknya!” ujar Mohamad Hadiyudin , mahasiswa FTSL Institut Teknologi Bandung.[helen]

2 Komentar

Komentar