Uncategorized

Kombinasi Art dan Pop

Album terbaru penyanyi nyentrik Lady Gaga telah hadir. Mengusung tema ‘Artpop’, album ini segera meraih posisi tertinggi billboard Amerika Serikat.

Oleh : Agus Maulana

Penyanyi : Lady Gaga
Album : Artpop
Tanggal Rilis : 11 November 2013
LADY GAGA telah merilis album terbarunya “Artpop” 11 November 2013 lalu. Di pekan pertamanya dirilis, album ini telah terjual sebanyak 258.000 kopi dan berhasil memuncaki daftar teratas tangga album Billboard di Amerika Serikat, menyamai kesuksesan album pendahulunya “Born This Way” yang juga pernah menempati posisi teratas tangga album paling bergengsi di Amerika Serikat ini.
Dengan tampilan cover album yang eksentrik dan, seperti biasa, kontroversial, Lady Gaga seolah menegaskan bahwa album ini benar-benar mengandung esensi dari kata “Art” dan “Pop” yang ia kolaborasikan menjadi “Artpop” sesuai judul albumnya sendiri. Cover album tersebut merupakan hasil karya seniman kawakan Jeff Koons yang terinspirasi dari lukisan ‘The Birth of Venus’ karya Sandro Botticelli.
Album ini berisi 15 lagu, dibuka dengan track ‘Aura’ yang menjadi soundtrack film ‘Machete Kills’ dan diilanjutkan dengan lagu-lagu yang memiliki ciri musik futuristik yang sangat kental di lagu G.U.Y (Girl Under You), Sexxx Dreams, Jewels N’ Drugs’ dan Manicure yang menegaskan bagian dari esensi kata “Pop”. Lalu, pada lagu-lagu selanjutnya, Lady Gaga lebih banyak bereksperimen pada lagu Do What U Want, Artpop, Swine, Donatella, Fashion!, Mary Jane Holland, Dope (Formerly I Wanna Be With You) dan Gypsy yang menegaskan bagian dari esensi kata “Art”. Album ini diakhiri dengan track Applause yang menjadi jagoan untuk single pertama dan menegaskan kolaborasi kata “Art” dan “Pop”, lagi-lagi menegaskan judul albumnya sendiri.
.

Dalam ke-15 lagu ini, Lady Gaga turut menyertakan musisi-musisi lain yang terlibat dalam pembuatan album. Mereka adalah R. Kelly pada lagu “Do What U Want” dan juga T.I, Twista dan Too $short di lagu “Jewels N’ Drugs”. [ ]

Komentar