Featured

Semarang: Rajanya Jawa Tengah

                Semarang, ibu kota provinsi Jawa Tengah, merupakan kota sentral di provinsi Jawa Tengah dan termasuk salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia. Letaknya yang berada di garis pantai utara lautjawa menjadikan kota ini sebagai pusat pelabuhan pulau Jawa bagian tengah. Kota Semarang terbagi menjadi dua bagian, utara dan selatan. Bagian utara kota merupakan daerah dataran rendah sedangkan bagian selatan kota merupakan dataran tinggi yang dekat dengan gunung ungaran. Kondisi geografis yang unik ini menjadikan kota Semarang memiliki daya Tarik wisata pantai maupun dataran tinggi.

                Selain pantai dan dataran tinggi, ibukota provinsi Jawa Tengah ini juga memiliki tempat wisata sejarah berupa bangunan-bangunan kuno serta wisata kuliner yang beragam. Para pelancong belum menikmati kota Semarang yang sebenarnya bila belum mengeksplor kedua wisata tersebut.Kota yang dipimpin oleh Hendrar Prihadi ini memiliki slogan Semarang Pesona Asia. Slogan tersebut menjadi semangat warga Semarang untuk membangun dan membersihkan kota dimana-mana.

1. Kawasan Tugu Muda

Tugu muda merupakan monument yang dibangun untuk memeringati pertempuran lima hari di Semarang. Kawasan ini berada di pusat kota Semarang, dikelilingi gedung-gedung penting seperti Rumah dinas Gubernur Jawa Tengah, Lawang Sewu, Museum Mandala Bakti, dan Gereja Katedral.

Kawasan yang kental dengan sejarah perjuangan pemuda ini diabadikan dengan salah satu nama jalan di dekat persimpangan Tugu Muda, yaitu Jalan Pemuda. Saat peringatan hari pahlawan, 10 November, kawasan Tugu Muda akan ditutup total dari sore hingga malam hari. Uniknya, seluas kawasan 5 persimpangan ini digunakan sebagai panggung tetrikal gabungan universitas-universitas di Semarang. Mereka menampilkan drama pertempuran lima hari di Semarang yang menarik para wisatawan ataupun warga sekitar.

2. Lawang Sewu

Gedung kuno ini terletak di timur laut Tugu Muda. Bangunan bekas stasiun kereta api belanda ini memang memiliki banyak pintu sebagai ciri khas arsitektural belanda. Akan tetapi, saat zaman penjajahan Jepang, bangungan ini beralih fungsi menjadi tempat penyiksaan para pejuang Indonesia. Tak heran setelah kemerdekaan, bangunan ini menjadi wisata kuno yang banyak berhubungan dengan kepercayaan mistis.

Bangunan ini telah direnovasi beberapa kali. Saat ini, Lawang Sewu sudah menjadi tempat wisata populer. Dengan harga tiket yang tidak terlalu mahal, kita bisa menjelajahi isi bangunan dengan panduan dari guide yang telah disiapkan.

Bekas-bekas perkantoran dan stasiun kereta api dari zaman belanda bisa ditemui di sekitar bangunan ini. Sedangkan lorong bawah tanah bangunan memiliki banyak bukti-bukti tempat penyiksaan saat zaman penjajahan jepang. Bangunan sejarah ini menjadi tempat foto yang menarik bagi banyak wisatawan.

3. Kelenteng Sam Po Kong (Gedung Batu)

Kelenteng ini didirikan oleh laksamana Cheng Ho di tahun 1405 M. Dia adalah pelaut China ternama yang berlabuh di kota ini. Beliau mendirikan masjid saat itu. Bangunan ini disebut gedung batu karena berbentuk gua batu besar pada bukit batu.Orang Indonesia keturunan china menganggap bentuknya seperti arsitektural cina seperti kelenteng. Saat ini, bangunan batu ini menjadi kelenteng tempat peribadahan, ziarah, dan tempat wisata unik. Wisatawan banyak berkunjung karena banyak bangunan unik bersejarah disana.

4. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid ini merupakan masjid terbesar dan termegah di Jawa Tengah. Memiliki bentuk arsitektural menarik, karena arsitektur masjid ini memadukan gaya romawi pada pilar-pilar Athena yang dihiasi dengan kaligrafi syahadat. Payung besar di bagian selasar masjid digunakan untuk memperluas daerah yang digunakan untuk solat.

Masjid ini dirancang sebagai tempat ibadah sekaligus tempat wisata religius. Menara setinggi 99 meter yang menyimbolkan asamaul husna berdiri tegak di sebelah masjid. Menara ini bebas dimasuki pengunjung. Di lantai dua dan tiga terdapat museum kebudayaan Islam. Di lantai 18 terdapat restauran muslim. Lantai 19 digunakan sebagai gardu pandang Kota Semarang. Disediakan pula teropong untuk umum yang melingkar mengitari puncak menara. Ditempat ini pula digunakan untuk rukyatul hilal oleh tim rukyah Jawa Tengah yang menggunakan teropong canggih dari Boscha.

Kawasan masjid ini cukup luas untuk menjadi kawasan wisata. Bahkan disiapkan pula wisma untuk para pengunjung yang ingin menginap disana. Wisma ini terletak didekat pusat perbelanjaan Masjid Agung Jawa Tengah.

5. Simpang Lima

Simpang lima adalah taman luas yang dikelilingi oleh lima simpang. Taman ini merupakan alun-alun kota yang sangat ramai dimalam hari. Orang biasa bermain skateboard, sepatu roda, ataupun sepeda di taman luas ini. Keramaian memuncak di malam minggu, banyak orang memadati tempat ini sekedar untuk berpartisipasi dalam hiruk pikuk kota.

Disebelah timur taman, ada 2 mal yaitu java mall dan matahari. Kedua mall ini tersambung dengan jembatan penghubung yang melintasi jalan raya dibawahnya. Kedua mall ini merupakan salah sati ikon wisata di kota ini. Selain itu, di sebelah barat taman ada masjid agung baiturrahman. Masjid ini juga ramai didatangi pengunjung karena letaknya yang strategis disebelah laun-alun kota.

6. Wisata kuliner Semarang

Kawasan pandanaran terkenal dengan Outlet-outlet Bandeng Presto. Bandeng presto adalah salah satu makanan yang tidak boleh terlupakan oleh para wisatawan yang berkunjung. Bandeng ini dimasak pada suhu tinggi hingga tulangnya menjadi lunak. Dengan beberapa racikan bumbu yang pas, makanan ini menjadi sangat sedap. Sambal khusus disiapkan untuk memadukan cita rasa dengan bandeng presto.

Selain bandeng presto, kota Semarang memiliki julukan kota Lumpia. Lumpia adalah makanan tradisonal Semarang yang telah membumi di daerah ini. Rebung (tunas bambu muda) yang dililit oleh adonan lumpia ini dipasarkan di beberapa restaurant. Saat ini lumpia bukan hanya berisi rebung, akan tetapi sudah banyak yang dihidangkan dengan berbagai macam variasi. Lumpia terkadang berisi daging ayam, sapi, kambing, ataupun sayuran lainnya.

Semarang juga terkenal dengan wingko sebagai makanan khas. Wingko bukanlah berasal dari kota ini. Makanan unik ini terkenal di daerah pantai utara jawa. Akan tetapi, wingko yang paling terkenal dibuat di kota ini. Makanan ini terbuat dari kelapa dan bahan ramuan lainnya. Terdapat banyak variasi rasa wingko. Makanan khas ini cocok menjadi oleh-oleh keluarga bagi para wisatawan. [Huda]

Komentar