Berita

LKM ITB 2016 : Sebuah Wahana untuk Menggembleng Kepemimpinan Mahasiswa

“Belok kiri maju jalan! : ITB!”. Nyanyian Halo-Halo Bandung, Garuda Pancasila, dan Hari Merdeka terdengar lantang diiringi derap langkah sigap “Kiri, kiri!” yang serempak beraturan. Semua terlihat bersemangat dan bergelora. Pleton-pleton dengan teratur berjalan melewati jalan “kawasan perang” di luar Gedung Oerip Soemohardjo menuju ke halaman Masjid Sabilul Iman untuk melaksanakan shalat. Disiplin dan koordinasi terus dipacu untuk meningkatkan mental kepemimpinan mahasiswa.

Begitulah sedikit cuplikan Latihan Kepemimpinan ITB (LKM ITB) 2016 dilaksanakan pada tanggal 20-22 Mei 2016 di Bumi Panorama, Secapa AD (Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat) di kawasan Hegarmanah, Bandung. Kegiatan yang diikuti 155 peserta perwakilan himpunan, unit, dan kabinet ini diprakarsai oleh Lembaga Kemahasiswaan (LK) ITB dibawah Sekretaris Bidang Kesejahteraan Mahasiswa dan Pengembangan Karakter sebagai wahana pengembangan kepemimpinan dan karakter mahasiswa.

Kegiatan LKM ITB 2016 berisi kegiatan pemaparan materi, kegiatan outbond, kegiatan renungan malam, dan insight time. Kegiatan diawali dengan apel pembukaan oleh Wakil Komandan Secapa AD sebagai inspektur apel dan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni dan Komunikasi,  Dr. Miming Miharja, ST,M.Sc.Eng. Acara dilanjutkan dengan kegiatan yang berisi pemaparan materi dan kegiatan outbond. Kegiatan pemaparan materi berlangsung padat selama tiga hari yang terdiri dari materi Proxy War oleh Panglima Kodam III/Siliwangi, materi Leadership dan Manajemen Organisasi oleh Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, materi mengenai karakter oleh Ketua UPT Pengembangan Manusia dan Organisasi ITB, materi kebangsaan oleh Kasub Depjuang Secapa AD, materi mengenai Peradaban oleh Prof. Ir. Hermawan K. Dipojono, MSEE., Ph.D., dan materi pengenalan Lembaga Kemahasiswaan dan Rektorat oleh Ketua LK ITB, jajaran serta Direktur Humas dan Alumni ITB. Kegiatan outbond sendiri berisi kegiatan problem solving kelompok dan permainan kerjasama serta kekompakan. Selama kegiatan berlangsung dari awal sampai dengan akhir acara, peserta didampingi oleh pelatih-pelatih perwira TNI dari Secapa AD untuk membentuk mental disiplin dan kepemimpinan. Pelatih-pelatih dari Secapa AD memberikan berbagai materi kedisiplinan untuk menempa mental peserta seperti pembagian pleton, sikap duduk siap, materi baris berbaris,  kerjasama tim, pelaksanaan apel, yel-yel, menyanyi lagu kebangsaan, dan materi lainnya.  Di hari kedua dilaksanakan kegiatan renungan malam dengan pembacaan amanat untuk anak bangsa, penciuman bendera merah putih, dan kegiatan kebersamaan api unggun. Di setiap akhir acara terdapat insight time yang dipandu oleh panitia LKM ITB sebagai refleksi dari dari setiap mata acara.  Kegiatan berlangsung padat dari pagi sampai dengan malam hari selama tiga hari pelaksanaan acara. Setiap kegiatan berlangsung menarik dengan antusiasme tinggi dari peserta dengan banyaknya peserta yang bertanya dan aktif selama kegiatan berlangsung.

Peserta LKM  pun menyambut antusias dan mengapresiasi pelaksanaan LKM ini. Salah satu peserta LKM ITB 2016, Gilang, perwakilan dari URPA ITB, menyebutkan pada salah satu sesi acara, “Saya banyak belajar dari acara ini yang sebelumnya saya tidak tahu. Semoga LKM ini dapat berlangsung terus kedepannya.” Begitu pula dengan Zaki perwakilan dari HMTL ITB menyebutkan, “Acara ini sudah cukup baik, hanya perlu ditambahkan materi mengenai manajemen kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang diperlukan oleh pengurus maupun calon pengurus dari himpunan atau unit  di ITB untuk mengatur satu tahun kepengurusannya. Kita butuh itu.“

Dr. Eng. Sandro Mihradi, selaku Ketua Lembaga Kemahasiswaan ITB menyebutkan bahwa kegiatan LKM ITB 2016 ini adalah salah satu bentuk pembinaan karakter mahasiswa dari Lembaga Kemahasiswaan ITB bekerjasama dengan Secapa AD untuk pengurus lembaga-lembaga mahasiswa di ITB, seperti himpunan, unit, maupun kabinet untuk membina mental kepemimpinan, kebangsaan, dan manajemen organisasi mahasiswa yang sebelumnya pernah dilaksanakan rutin oleh Lembaga Kemahasiswaan dan terhenti pada tahun 2011. Beliau menyebutkan bahwa selama dua minggu pendaftaran acara LKM ITB 2016  ini disambut antusias oleh mahasiswa dengan pendaftar yang melebihi kuota yang sediakan yaitu 200 peserta. Beliau menambahkan bahwa kegiatan ini akan diupayakan untuk dilaksanakan rutin ke depan dan mungkin akan dilaksanakan pada setiap semester.

Semoga dengan hadirnya LKM ITB 2016 ini terbentuk leader dengan kepemimpinan yang mumpuni dan bisa menjadi agen terdepan dari lembaga-lembaga masing-masing!

 

Demi Ibu Pertiwi

ITB Siap Aksi

Satukan Tekad Untuk Membangun Negeri

ITB Siap Aksi

Huha!

 

Sikap, Mental, Disiplin

Jiwa Korsanya Pasti

Mari Berkarya Untuk Membangun Negeri

Semua demi NKRI

Huha!

 

Yel-Yel LKM ITB 2016

 

Oleh : Dzikra Yuhasyra

Komentar