Berita

KSEP Workshop: Financial Literacy Me and My Money

Mau Dikemanakan Uangmu?

Budaya konsumtif agaknya telah berkembang di era masyarakat saat ini. Modernisasi menuntut masyarakat untuk terus mengikuti perkembangan yang ada. Hal tersebut juga terjadi di kalangan mahasiswa, di ITB khususnya. Melihat kurang baiknya manajemen keuangan mahasiswa ITB, KSEP (Kelompok Studi Ekonomi dan Pasar modal) ITB mengadakan workshop bertajuk “Financial Literacy Me and My Money”. Acara tersebut berlangsung pada hari Sabtu, 1 Oktober 2016. Workshop “Financial Literacy Me and My Money” berkonsep pelatihan manajemen keuangan bagi para pesertanya. Sasaran utama peserta workshop adalah mahasiswa ITB, baik S1 maupun S2.

Pukul 08.00 WIB peserta workshop mulai meramaikan ruang Indonesian Corner Perpustakaan Pusat ITB. Pembicara workshop, Dr. Subiakto Soekarno, MBA, RFA, QWP, CFP, terlihat turut antusias berbaur bersama peserta. Dr. Subiakto merupakan staf pengajar SBM ITB. Pengalaman selama 25 tahun di industri stategis dan multinasional merupakan salah satu alasan beliau diundang sebagai pembicara di workshop ini.

Workshop dibagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama dipaparkan materi “Pendahuluan, Turning Dreams into Goals, Profil Risiko, Langkah-Langkah Perencanaan Keuangan, dan Financial Check Up”. Pada sesi kedua dipaparkan materi tentang “Tools yang digunakan (TMV), Dana Darurat, Dana Pendidikan, Dana Pensiun, dan Rekapitulasi”. Materi disampaikan secara komunikatif oleh pembicara. Peserta terlihat aktif mengisi formulir pelatihan. Beberapa asisten pembicara terlihat membantu peserta dalam mengisi formulir tersebut. Adapun formulir-formulir tersebut berisikan pertanyaan-pertanyaan untuk menentukan profil risiko, kepemilikan dana pribadi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pengelolaan dana pribadi. KSEP berharap peserta dapat menerapkan ilmu yang didapatkan melalui workshop “Financial Literacy Me and My Money” dalam pengelolaan keuangan pribadi mereka.

Oleh  Alma Cantika Aristia / 11414016

Komentar