Berita

ITB InnovatorsMove 2016 : Inovatif dalam Berbisnis

ITB InnovatorsMove atau yang sering disingkat ITB InMove adalah acara kabinet Keluarga Mahasiswa (KM) ITB dalam mengumpulkan inovasi yang terbersit dalam benak mahasiswa ITB yang kemudian diaplikasikan dalam sebuah startup. Acara yang digelar pada Sabtu, 24 September 2016, di Gedung Perpustakaan Pusat Lt. 1 ITB ini menghadirkan Adryan Hafizh, alumni SBM ITB yang sekarang bekerja di PT. Kolaborasi Kapital Indonesia, sebagai pembicaranya. Sebelumnya, Adryan bekerja di Siete Café, OC&C Strategy Consultants, dan Epik Group. Pengunjungnya pun beragam, mulai dari mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB), maupun tingkat atas. Sebagian pengunjung telah menggandrungi beberapa bisnis seperti bisnis onlineshop beserta system operasi aplikasinya, sedangkan pengunjung lainnya telah memiliki ilmu tentang startup, sehingga mereka berencana untuk mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari dan merealisasikannya di masa depan.

Adryan mengawali pembahasan dengan pertanyaan ‘Mengapa startup gagal?’. Masalah ini merupakan masalah dalam menjalankan startup baik dari sisi founder dan cofounder baik dalam diri mahasiswa maupun alumni. Pengunjung juga dapat mengikuti workshop tentang teknik komunikasi secara sempurna yang berinti pada ‘how to explore partnership and networking’ Tak hanya itu, pengunjung diajarkan cara untuk menukar kartu nama secara formal dan berkenalan sehingga dapat memberikan impresi bagi lawan bicara. Beliau juga mengeksplor tentang cara mengajak orang sebagai cofounder dan membuat mereka on board dengan founder. Hal ini dianggap penting karena beberapa pengunjung yang ingin dan sedang memulai startup memiliki kendala dengan hal tersebut.

Sebagai penutup workshop, beliau menyemangati para penunjung untuk memulai startup mereka dan menganjurkan bahwa kuliah bukan hanya untuk akademik dan organisasi, tetapi juga berbisnis.

 

Oleh Adi Nugraha

Komentar