Berita

IPMC 2016, Langkah Awal Pengembangan Industri

Jumat (11/11), Program Studi Metalurgi bersama dengan Ikatan Mahasiswa Teknik Metalurgi (IMMG) menggelar sebuah acara konferensi terkait proses metalurgi, yakni International Process Metallurgy Conference (IPMC). Konferensi yang diselenggarakan di Aula Barat ITB ini dilaksanakan selama dua hari (Kamis dan Jumat) dan menghadirkan pembicara-pembicara dari beragam universitas dan industri.

Suasana Konferensi IPMC 2016

Bermula dari Indonesia Process Metallurgy (IPM) I tahun 2008, 2010 (IPM II), 2012 (IPM III), dan 2014 (IPM IV), acara ini terlaksana kembali dan di-upgrade menjadi bertaraf internasional. Pembicara-pembicara yang didatangkan berasal dari berbagai negara, yaitu Finlandia, Korea, Kanada, Australia, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.
“Tujuan dari acara ini sendiri adalah untuk mempertemukan dosen, scientists, mahasiswa, researchers, akademisi, dan industri. Dengan harapan keenamnya, khususnya dosen, mahasiswa, dan akademisi, dapat berkolaborasi memenuhi kebutuhan industri saat ini”, ungkap Rasyad (MG’13) selaku ketua panitia IPMC dari mahasiswa.
Konferensi dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga 16.00 dan dibagi atas lima sesi yang diisi oleh lebih dari satu orang pembicara di setiap sesinya. Pada konferensi juga ditampilkan banyak hasil penelitian dalam bentuk poster-poster yang terpajang.

Pameran Poster Penelitian IPMC 2016

Pameran Poster Penelitian IPMC 2016

Selain konferensi, terdapat Plant Design Competition, adalah sebuah kompetisi bagi mahasiswa di tingkat nasional serta Lecture Series, pemberian materi kepada mahasiswa Prodi Metalurgi oleh tiga professor dan seorang ahli flotasi dari PT. Freeport. Keduanya diselenggarakan pada pekan yang sama, yaitu hari Selasa (8/11) untuk Plan Design Competition dan hari Rabu (9/11) untuk Lecture Series.
Menurut Rasyad, IPMC sudah berhasil memenuhi target yang ia tentukan. “Dilihat dari respon peserta yang sangat positif. Bahkan, ada yang langsung mengutarakannya pada saya. Pembicara-pembicara pun tidak ada keluhan atau masalah. Memang sesekali ada kendala dalam teknis, tetapi itu masih bisa diatasi”, terangnya. []

Komentar