Berita

Telemotion 2016: Telekomunikasi dalam Dunia Bisnis

Acara tahunan oleh Ikatan Mahasiswa Telekomunikasi (IMT) ITB kembali hadir. Telemotion 2016 yang mengusung tema “Motion of Telecommunication” terdiri dari beberapa acara yang kemudian ditutup dengan seminar yang mengundang antusiasme dari para perserta.

Rangkaian acara Telemotion 2016 diawali dengan workshop yang dilaksanakan pada 19 November di Laboratorium Telematika Labtek VIII lantai 4 Institut Teknologi Bandung (ITB). Melihat maraknya konsep IoT di kalangan para pelajar SMA, workshop yang membawa “Build Your Smarthome with Your Smartphone” sebagai tema ini dimaksudkan untuk membuka wawasan para pelajar SMA mengenai dunia IoT melalui penyampaian konsep-konsep dasar oleh IMT ITB. Selain konsep, para peserta workshop juga melakukan praktik langsung dengan alat yang tersedia.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan Temu Alumni yang dihadiri oleh alumni Teknik Telekomunikasi ITB dari berbagai angkatan. Windy Rahma Agustin (ET’13), selaku ketua pelaksana Telemotion 2016, mengatakan bahwa selain mempertemukan alumni, acara ini juga mengadakan survei data pekerjaan dan aktivitas alumni Teknik Telekomunikasi sebagai salah satu pemenuhan persyaratan akreditasi ABET.

Seminar yang mengangkat telekomunikasi dari segi bisnis bertemakan “Generating Your Inspiration to be Young Technopreneur” dan “Creating New Business Opportunities in Telecommunication Field” menjadi penutup manis dari rangkaian acara Telemotion 2016 ini. Windy menuturkan bahwa kebanyakan orang berpikir kalau telekomunikasi hanya dimengerti oleh orang-orang yang menggelutinya saja, oleh sebab itu ia beserta rekan-rekan mencoba mengangkat dan menyajikan telekomunikasi dari sudut pandang yang lain, yaitu di bidang bisnis. “Kita menunjukkan dari sisi bisnisnya sehingga walaupun tidak punya pengetahuan secara teknis mengenai telekomunikasi, setidaknya orang masih bisa berbisnis di bidang telekomunikasi. Orang-orang umum pun bisa tertarik dan mengerti maksud dari seminar,” tambahnya.

Acara yang berjalan kurang lebih selama tujuh jam ini dihadiri oleh cukup banyak peserta dengan antusiasme yang tinggi. Ini disebabkan, selain tren IoT di kalangan masyarakat, pembicara yang dihadirkan adalah orang-orang yang profesional dalam bidangnya, antara lain: Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc. yang merupakan Mentri Pariwisata Indonesia, Dian Siswarini, CEO dari PT XL Axiata, Dr. Ir. Ismail, M.T., Dirjen SDPPI Kemkominfo RI, Dani M. Akhyar, Head of Community Development PT Smartfren Telecom Tbk, dan Ir. Dani Krishnamulya Ristandi, MBA, Direktur SBM PT Huawei.

Tidak hanya mengundang pembicara-pembicara istimewa, di Telemotion 2016 terdapat Wahana Karya yang menampilkan karya-karya dari mahasiswa Teknik Telekomunikasi serta berbagai doorprize yang tentunya meningkatkan antusiasime peserta. Untuk karya-karya dalam Wahana Karya sendiri dapat didemonstrasikan langsung oleh peserta seminar.

Acara diakui Windy sudah memenuhi targetnya, pesertanya cukup ramai dan ia tidak menerima keluhan. “Mungkin ngaret aja, karena kita tadi menunggu peserta banyak dulu baru mulai. Oh ya, senangnya tuh, lihat anak-anak SMA kemarin yang ikut workshop hadir lagi di sini. Artinya, kan, kita berhasil menarik minat mereka di bidang ini,” jelasnya. [ ]

Oleh: Ambar Setia Awan, Rahma Rizky

Komentar