Berita

PONDASI 2016 : Pengabdian Oleh, Untuk, dan Dari Sipil ITB

PONDASI 2016 adalah kegiatan pengabdian masyarakat dari mahasiswa Teknik Sipil ITB angkatan 2015. Dengan arti “Pengabdian Oleh, Untuk, dan Dari Sipil ITB”, mahasiswa Teknik Sipil 2015 melalui acara ini menyadari pentingnya berbagi kepada masyarakat.

Acara tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 November 2016 di Cibiru Wetan, Cileunyi, Kab. Bandung dengan agenda awal pembukaan yang dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Cibiru Wetan. Pembukaan PONDASI 2016 dihadiri oleh camat, kepala desa, sekretaris desa, Ibu-Ibu PKK, karang taruna desa Cibiru Wetan, dan beberapa anggota HMS ITB.

Setelah pembukaan, dilangsungkan beberapa mata acara yang dilaksanakan paralel, yaitu reboisasi, penyuluhan, perbaikan lapangan bola, pemasangan plang wisata dan pembuatan makanan untuk ngeliwet bersama warga.

  1. Reboisasi

Kegiatan reboisasi dibagi menjadi dua sub mata acara yang dilangsungkan paralel juga, yaitu drama dan penanaman pohon. Drama yang ditampilkan bertemakan cinta lingkungan. Drama tersebut dilangsungkan di SD Negeri Cikoneng, Desa Cibiru Wetan dan disaksikan oleh adik-adik SD kelas 1 sampai kelas 4, serta ada beberapa adik TK. Adik-adik ikut bermain peran dalam drama, ada kelompok yang menjadi warga desa, suku air, dan pohon kecil. Di akhir drama, MC berinteraksi dengan mereka sekaligus menyampaikan pesan moral dari drama yang ditampilkan. Setelah kegiatan drama selesai, mereka dipulangkan.

Pondasi4

Sementara itu, di lahan sebelah SD Negeri Cikoneng dan di TPU Cibiru Wetan, dilaksanakan kegiatan reboisasi penanaman 100 pohon mahoni (80 pohon di TPU dan 20 pohon di lahan sebelah SD) bersama adik-adik SD kelas 5 dan kelas 6. Kegiatan reboisasi bertujuan untuk memperbaiki lahan yang sudah tidak digunakan agar menjadi berguna sehingga berfungsi untuk penyerapan air. Sebelum melakukan penanaman pohon, adik-adik SD kelas 5 dan kelas 6 diberi materi tentang reboisasi terlebih dahulu. Pemberian materi dilakukan dengan sistem mentoring dalam kelompok, didampingi oleh 2 sampai 3 orang mahasiswa Teknik Sipil ITB 2015. Setelah itu, mereka dimobilisasi menuju TPU. Disana telah disediakan lubang untuk penanaman, bibit, air, dan pupuk. Satu anak menanam satu pohon sesuai dengan materi yang telah diberikan. Setelah itu, mereka dikumpulkan lagi per kelompok dan ditanya fungsi reboisasi, prosedur penanaman, dan sebagainya. Lalu sekitar jam 11 siang, mereka dimobilisasi menuju sekolah lalu dibubarkan.

  1. Penyuluhan Ibu-Ibu PKK

Kegiatan ini dilangsungkan di Kantor Desa Cibiru Wetan. Agendanya adalah memberikan materi dan mengajarkan bagaimana cara mengoperasikan Ms.Word dan Ms.Excel dan pengaplikasiannya. Ibu-Ibu PKK diajari bagaimana cara membuat dokumen, mengubah bentuk huruf, membuat grafik, dan menggunakan fungsi-fungsi di Ms.Excel dengan dua orang pemateri di depan dan satu mentor untuk masing-masing Ibu. Kegiatan tersebut selesai pada sekitar pukul 14.30 WIB.

Pondasi 3

  1. Perbaikan Lapangan Bola

Kegiatan ini dilangsungkan di lapangan bola dekat Kantor Desa Cibiru Wetan. Mahasiswa Teknik Sipil ITB 2015 bersama Karang Taruna Desa Cibiru Wetan melakukan pemasangan jaring untuk gawangnya, lalu menaburkan kapur untuk garis pinggir lapangan dan memasang papan skor. Setelah itu, diadakan sparring bola mahasiswa Teknik Sipil ITB melawan Karang Taruna Desa Cibiru Wetan.

Pondasi2

  1. Pemasangan Plang Wisata

Pemasangan plang ini ditujukan untuk memberi informasi batas RW dan petunjuk tempat wisata Batu Kuda. Lokasi-lokasi pemasangannya sudah ditentukan sebelumnya oleh divisi survey. Saat hari H, yang bertugas masang plang berpencar ke spot yang sudah ditentukan. Pemasangan plang tidak butuh waktu lama karena perlengkapan dan hal lain sudah disediakan.

Pondasi 1

Saat kegiatan-kegiatan paralel tersebut dilangsungkan, beberapa mahasiswa Teknik Sipil 2015 dibantu Ibu-Ibu Cibiru Wetan memasak makanan untuk ngeliwet bersama. Setelah kegiatan-kegiatan itu selesai, dilangsungkan acara ngeliwet bersama masyarakat untuk saling bercengkerama. Saat ngeliwet, diputarkan after movie PONDASI 2016.

-US- (PONDASI2016)

Komentar