Uncategorized

ITB INSIGHT 2017: Inventing Life Through Technology

Reporter: Ardhy Nur Ekasari (FI’16)

ITB INSIGHT merupakan acara dwi tahunan yang diadakan oleh Mahasiswa Fisika Teknik ITB. Acara ini diinisiasi saat Dies Natalis HMFT (Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik) ke-60 oleh para alumni dan pada saat itu Mahasiswa Fisika Teknik tahun 2009. ITB INSIGHT pertama diadakan pada tahun 2013. Tahun ini, 2017, merupakan tahun ketiga diadakannya ITB INSIGHT yang bertemakan “Inventing Life Through Technology”. Tujuan dari diusungnya tema ini sendiri untuk mengenalkan peran teknologi dan sains dalam mengembangkan peradaban masyarakat, khususnya Indonesia. Rangkaian kegiatan ini dikemas dengan atmosfer menghibur dan mengedukatif, sehingga tidak hanya menyenangkan, namun ITB INSIGHT 2017 juga dapat menginspirasi masyarakat untuk berkarya seiring dengan kemajuan teknologi.

Acara yang berlangsung pada hari Sabtu, 11 November 2017 ini menyuguhkan pameran bagi kalangan anak-anak sampai dewasa. Pameran untuk anak-anak berada di sekitar Labtek V, seperti adanya Planetarium dan Pengamatan Matahari. Sedangkan pameran untuk remaja sampai dewasa berada di Lapangan CC Barat, Lapangan Parkir CC Barat dan Timur yang diikuti oleh 52 perusahaan, lima Tim PKM ITB, dan berbagai universitas. Pengisi pameran di ITB INSIGHT ini membawa produk karya mereka untuk dapat mengedukasi dan menginspirasi pengunjung yang datang ke stand mereka.

Menurut Dina Puspita Sari FT’14 selaku Ketua ITB INSIGHT 2017 mengatakan bahwa tahun ini lebih menonjolkan segi teknologinya yang diimplementasikan dengan stand-stand yang menampilkan produk-produk teknologi karya anak bangsa serta berbagai wahana yang menunjukkan teknologi dapat dibumikan ke masyarakat melalui permainan-permainan sederhana. Wahana-wahana yang ada seperti Lighting Festival disajikan dengan memperhatikan gaya hidup remaja zaman sekarang yang memanfaatkan aplikasi instagram untuk eksis di dunia maya sehingga wahana di dalamnya disusun sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Ketercapaian acara ini sendiri dapat dilihat dari kualitas teknologi yang ditampilkan, kualitas segmentasi yang dibagi oleh panitia seperti wahana yang memang disuguhkan untuk anak-anak dapat dibedakan dengan wahana yang ditujukan untuk remaja sampai dewasa, serta impresi yang dihadirkan berbagai pihak melalui social media setelah menghadiri acara tersebut. Harapannya ITB INSIGHT ini bisa menjadi acara besar yang mengusung teknologi terbaru di setiap masa diadakannya, tutur Ketua ITB INSIGHT 2017. []

Komentar