Berita

Pesta Apresiasi di Bumi Ganesha

Pada hari Jum’at, 9 Februari 2018 lalu, mahasiswa ITB menyelenggarakan acara Malam Apresiasi di Aula Barat ITB. Acara ini merupakan acara pemberian penghargaan kepada seluruh lapisan massa KM ITB yang berprestasi di bidangnya masing-masing. Meski pada tahun sebelumnya diselenggarakan pula acara yang serupa yaitu ITB Night, Malam Apresiasi ini benar-benar mengangkat kelompok-kelompok nominasi yang terkadang disepelekan tapi berperan penting dalam kehidupan.

Kelompok nominasi berjumlah sekitar tiga puluh yang akhirnya mengeluarkan 750-800 nama nominee. Untuk menyaring dan menyeleksi data tersebut panitia telah membentuk bidang pengolahan dan metode yang tugasnya adalah mengumpulkan, memberi bobot penilaian, hingga menyeleksi massa KM ITB yang sekiranya masuk ke dalam kelompok nominasi tersebut.

Melalui Malam Apresiasi ini, ada beberapa nilai yang dibawa dengan jelas. Yaitu prestasi yang digambarkan melalui tersenggelarakan malam puncak, lalu karya yang tergambar pada salah satu rangkaian acara event mural, terakhir yaitu inspirasi yang diwujudkan melalui event suluh muda.

Felicia (BE’16) selaku ketua panitia mengatakan bahwa malam apresiasi sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah apresiasi yang jarang diperhatikan. Padahal sebenarnya pemberian penghargaan merupakan kebutuhan dasar manusia. Oleh karena itu, walaupun penghargaan pada malam apresiasi hanya ditujukan untuk mahasiswa S1, namun pada saat puncak malam, siapapun bisa hadir sehingga pentingnya apresiasi dapat dipahami oleh semua orang.

Tidak hanya mengapresiasi, pada malam puncak juga ditampilkan berbagai hiburan yang dipersembahkan untuk massa KM ITB. Penampilan dari beberapa kelompok seni yaitu MUSANG GEA, APRES!, dan Sunscrapper ikut memeriahkan pesta apresiasi malam itu.

Malam Apresiasi tidak hanya membuat nominasi untuk mahasiswa tingkat atas, namun beberapa penghargaannya juga ditujukan untuk mahasiswa TPB. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa TPB juga mempunyai peranan penting dalam kemahasiswaan di dalam kampus. Salah satu penghargaannya adalah Ganesha Andakara, yaitu sebuah penghargaan untuk individu TPB yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial masyarakat atau pengabdian masyarakat, yang tahun ini penghargaan tersebut jatuh kepada Rudy Prawira Negara (FTMD’17).

Saat ditanya, Rudy mengaku bahwa ia tidak percaya dan kaget ketika ia bisa menerima penghargaan tersebut. “Kan banyak temen-temen yang sebenarnya ikut kegiatan pengmas dan berkontribusi lebih banyak ke masyarakat tapi mungkin mereka belum cukup terdeteksi.” Kata Rudy. Dan Rudy juga berharap bahwa penghargaan ini tidak membuat ia jumawa dan tetap rendah hati.

Reporter          : Irza Sanika Aulia FTMD’17 dan Alvi Zainita FTI’17

Penulis             : Irza Sanika Aulia FTMD’17 dan Alvi Zainita FTI’17

Komentar