Berita Kilas

Arkavidia4.0: Gaining Independence in IT through Innovative and Sustainable Startups

Arkavidia merupakan sebuah festival ilmu dan teknologi yang digelar untuk memperkenalkan kemajuan ilmu dan teknologi kepada masyarakat, terutama di bidang startup yang kini sedang berkembang pesat. Acara yang telah diadakan empat kali ini diselenggarakan tanggal 9 sampai 10 Februari 2018 oleh Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) Institut Teknologi Bandung. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, komputer, dan telekomunikasi, Arkavidia4.0 lebih berfokus pada pengenalan teknologi untuk generasi muda supaya potensi mahasiswa dapat dimaksimalkan dan menjadi tenaga kerja yang terampil dan juga berdedikasi tinggi untuk menguasai hal tersebut.

Acara ini dibagi dalam empat acara, yaitu preevent, lomba, seminar, dan expo. Rangkaian preevent telah dilaksanakan sebelumnya yaitu pada tanggal 26 sampai 28 Januari 2018 yang diisi dengan workshopGlobal Game Jam” untuk membuat game dalam kurun waktu 48 jam. Berbagai kalangan ikut berpartisipasi dalam workshop ini dari mulai mahasiswa sampai game development handal.

Selanjutnya tanggal 9 dan 10 Februari 2018 merupakan acara utama yaitu lomba tentang ilmu dan teknologi. Ada empat lomba yang diadakan yaitu, Hackavidia, Capture The Flag, Competitve Programming, dan Technovation.

Hackavidia, yaitu perlombaan dimana developer saling bersaing dalam menciptakan terobosan yang dilakukan secara terus menerus selama 24 jam. Selain itu ada lomba Capture The Flag, partisipan diminta untuk menguji keamanan informasi dengan mengumpulkan Flag tersembunyi dari tugas yang diberikan. Perlombaan ketiga adalah Competitive Programming, para peserta diminta untuk mengolah data secara logis dan komputasional serta mampu mmenggunakan algoritme dan struktur data yang tepat dan efisien. Setelah itu ada Technovation, kompetisi untuk mengembangkan software yang nantinya diharapkan dapat mendukung perkembangan IT secara luas dan masif.

Tak hanya perlombaan saja, namun juga seminar dari berbagai orang berpengaruh dalam bidang IT seperti Yoel Sumitro yang merupakan Senior UX Researcher di Uber. Ada juga salah satu alumnus dari Teknik Informatika ITB yang membicarakan tentang startup, dan“User’s experience is one of the most important thing to build a startup” merupakan salah satu nasihat yang dia berikan dalam seminarnya. Ia menekankan bahwa ilmu dan teknologi yang berkembang pesat jangan hanya digunakan bagi kalangan muda saja, namun dapat dimanfaatkan oleh semua masyarakat.

Arkavidia4.0 juga mendirikan stand-stand menarik yang berhubungan dengan dunia IT, yaitu pameran startup dan wahana interaktif. Hal yang paling menarik perhatian pengunjung salah satunya adalah stand dari Emago, yang menampilkan sebuah game yang dapat dimainkan tanpa menggunakan komputer, namun cukup dengan jaringan internet.

Penulis: Kaiyuma J. Raihan FTMD’17, Rona Atikah SF’17, Firda Haifa FTTM’17

Reporter: Rona Atikah SF’17

Komentar