Artikel Kilas

EE DAYS 2018: Acara Masa Kini untuk Sebuah Masa Depan

Dokumentasi Boulevard ITB

Electrical Engineering Days (EE Days) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Elektro ITB dan Himpunan Mahasiswa Elektro ITB (HME ITB). Pada tahun 2018, EE Days diadakan pada tanggal 22 sampai 24 Mei 2018 di Aula Timur ITB Ganesha dengan tajuk “Spark The Future”. Acara yang diketuai oleh Targhib Ibrahim (Teknik Elektro 2016) memiliki beberapa mata acara, di antaranya: Pameran Tugas Akhir Mahasiswa S1, Seminar yang mengusung tema “Smart Technology for Future Development”, serta kompetisi Elec-A-Thon, ICC, serta Essay and Poster Competition. Siapa pun dapat berkunjung ke EE Days dan berkesempatan mendapatkan hadiah berupa voucher tiket pesawat serta hadiah menarik lainnya karena acara ini terbuka untuk umum dan gratis.

Pameran tugas akhir yang diadakan memamerkan sebanyak empat puluh judul karya tugas akhir  beserta prototype-nya. Selagi memamerkan tugas akhirnya, mahasiswa juga tampak memberikan penjelasan kepada pengunjung yang terus berdatangan dari berbagai kalangan. Pengunjung dapat terlibat melakukan penilaian untuk memilih prototype tugas akhir mana yang menjadi favorit, karena ketika memasuki venue acara, pengunjung disambut dan diberikan satu buah sticker  sebagai hak suara untuk memberi dukungan untuk satu judul tugas akhir pilihannya.

Di ruang seminar Aula Timur ITB, EE Days juga menyajikan pembicara-pembicara yang menjadi narasumber seminar bertema “Smart Technology for Future Development”. Pengunjung yang telah berpuas diri menikmati pameran bisanya akan ikut serta mengikuti seminar untuk menambah pengetahuan dan menuruti rasa penasaran. Pengunjung bukan hanya dari sivitas ITB, tetapi juga dari beberapa perguruan tinggi lain. Rupanya EE Days juga menarik mahasiswa dari perguruan tinggi lain, khususnya bagi mereka yang belajar di jurusan teknik elektro.

Rangkaian acara lainnya yaitu kompetisi untuk mahasiswa dan pelajar SMA sederajat. Elec-A-Thon sendiri merupakan kompetisi cepat tepat untuk mendesain rangkaian untuk mahasiswa baik mahasiswa diploma maupun mahasiswa strata satu dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Sedangkan untuk pelajar SMA sederajat disediakan kompetisi Essay and Poster Competition dengan ketentuan esai dan poster merupakan inovasi dari permasalan sehari-hari. Selain itu, terdapat IoT Challange Competition dengan tema “Smart Energy for a Smarter Future. Perlombaan ini menantang peserta untuk memunculkan dan merealisasikan ide-ide kreatif berbasis teknologi IoT dalam bidang keernergian dengan metode unik dan waktu singkat. Peserta melalui berbagai tahap untuk mencapai babak final presentasi alat yang sudah dibuat. Tentunya berbagai lomba yang diadakan di EE Days ini diharapkan memunculkan solusi teknologi yang semakin pintar di masa depan.

Acara EE Days merupakan acara yang sangat menarik dan membuka wawasan, karena banyak dari penemuan-penemuan di pameran tersebut merupakan inovasi yang tidak pernah terpikir sebelumnya. Iqbal Aditya, seorang pengunjung mengatakan bahwa alat-alat yang ditampilkan oleh mahasiswa sangat mesmerizing. “EE Days keren, karena banyak penemuan yang belum pernah aku lihat. Pengaplikasian dari alat-alat itu juga sangat berguna untuk sekarang maupun untuk pengembangan selanjutnya,” Paparnya. Ia juga berharap acara seperti ini terus diadakan dan lebih bagus lagi konten yang ditampilkan.

 

Reporter dan Penulis: Alvi Z FTI’17 dan Irza Sanika FTMD’17

Komentar