Artikel Berita

Science Fair Operon: Wadah Pengembangan Wawasan Mikrobiologi

LINE_P20181107_165322094_7

Minggu, 4 November 2018 telah dilaksanakan Science Fair (SCI FAIR) di Labtek XI, Gedung SITH lantai 2, ITB. SCI FAIR ini merupakan salah satu rangkaian dari acara Operon. Operon merupakan lomba mikrobiologi nasional yang diselenggarakan untuk memperkenalkan dunia mikrobiologi kepada anak-anak SMA. Seperti yang kita tahu bahwa mikrobiologi di Indonesia masih sangat baru, bahkan mikrobiologi murni hanya ada di ITB.

SCI FAIR terbagi dalam dua kegiatan yaitu Lomba Mikrobiologi Nasional dan Science Exhibition. Lomba Mikrobiologi  Nasional dalam SCI FAIR ini dilaksanakan dalam beberapa tahap. Pertama, tahap penyisihan online pada bulan September 2018. Babak kedua adalah babak semifinal pada tanggal 3 November 2018 yang dibagi menjadi ujian individu dan ujian kelompok. Babak terakhir adalah babak final dengan sistem cerdas cermat dan praktikum yang masuk dalam acara puncak pada tanggal 4 November 2018.

LINE_P20181107_165322130_5

Rangkaian acara SCI FAIR yang kedua adalah Science Exhibition. Pameran yang bertempat di Selasar Double Helix ini, menampilkan alat-alat yang biasa digunakan oleh mahasiswa mikrobiologi seperti cawan petri, mikroskop, serta keperluan-keperluan laboratorium lainnya yang digunakan oleh mahasiswa mikrobiologi. Tak hanya itu, bakteri-bakteri yang biasa digunakan oleh mahasiswa mikrobiologi juga ikut serta ditampilkan. Selain itu, pada ruang 2201 terdapat infografis mengenai dunia mikrobiologi berupa poster-poster mengenai mikrobiologi.

Lomba Mikrobiologi ini diikuti oleh siswa SMA di seluruh Indonesia utamanya dari berbagai pulau besar di Indonesia. Hasil akhir dalam lomba ini dimenangkan oleh Tim SMA Pribadi Bandung dari SMA Pribadi Bandung sebagai juara pertama, Tim CRISPR dari SMA IPEKA TOMANG sebagai juara kedua, dan Tim NOVA dari SMA  FRATERAN  Surabaya  sebagai juara ketiga.

Acara yang diadakan oleh Mahasiswa Mikrobiologi ITB angkatan 2015 hingga 2017 ini mengangkat tema “Sejarah Mikrobiologi”. SCI FAIR ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara visual mengenai dunia mikrobiologi.  SCI FAIR tahun ini menceritakan tentang sejarah mikrobiologi dari mikrobiologi itu ada hingga aplikasi mikrobiologi yang dapat dimanfaatkan bagi kehidupan manusia. Sedangkan Lomba Mikrobiologi Nasional yang diadakan merupakan lomba yang pertama kali dilaksanakan sebagai acara besar setelah tahun lalu diadakan sebagai pre event  dalam rangkaian acara pameran makanan mikrobiologi.

 

Reporter dan Penulis: Efri Liana Dewi FMIPA’18 dan Ulqi Ulya SITH-S’18

Sumber Foto: Dokumentasi Boulevard ITB

Komentar