Berita Kampus Kilas

Indonesia Ocean Expo 2019: Mendukung Indonesia Mandiri di Bidang Maritim

Indonesia Ocean Expo atau IOE 2019 merupakan sebuah konferensi yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Kelautan ITB selama dua hari, yaitu Rabu (6/2) dan Kamis (7/2) silam di Aula Barat ITB. Acara Konferensi Kelautan Nasional ini dihadiri oleh mahasiswa teknik kelautan dari berbagai universitas di Indonesia dalam rangka memperkenalkan kemajuan maritim dan menemukan inovasi dengan harapan dapat mewujudkan Indonesia sebagai negara yang mandiri di bidang maritim. Selain mahasiswa teknik kelautan, masyarakat umum juga tampak meramaikan acara ini.

104878

Di dalam Aula Barat terdapat suatu dinding yang dipenuhi oleh foto-foto bertema kelautan yang merupakan karya dari peserta lomba yang telah diadakan sebelumnya. Pengunjung dapat memilih foto favorit mereka dengan cara menempelkan sticker yang telah diberikan di meja regristasi.

IOE rutin diadakan setiap dua tahun sekali dengan rangkaian acara yang sarat akan pergerakan di bidang kelautan. Tahun ini, IOE turut mengundang  Direktur Utama PT Pengembang Pelabuhan Indonesia, Arif Suhartono, dan juga Ketua Maritim Muda Indonesia, Kaisar Akhir, untuk memberikan keynote lecture yang mengawali Konferensi Nasional Teknik Kelautan.

IOE 2019 menyelenggarakan expo berupa pemaparan dari perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknik kelautan. Selain itu, terdapat pula pengujian lomba yang telah dilaksanakan sebelumnya, yaitu pengujian maket Oil Rig Design Competition dan juga presentasi Paper Competition. Peserta Paper Competition dapat mempublikasikan karyanya pada acara ini hingga mendapat nomor ISBN sehingga terdaftar resmi di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Dengan adanya acara ini, diharapkan pengunjung dapat mengenal kemajuan maritim dan menemukan inovasi untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara mandiri di bidang maritim. []

Reporter: Hanifa Chairunnisa Muharroro (STF’17) dan Hanif Rahman (MG’17)
Penulis: Hanifa Chairunnisa Muharroro (STF’17)
Sumber Dokumentasi: Boulevard ITB

Komentar