Berita Kampus Kilas

IPFEST 2019: EOR, Solusi Peningkatan Penggunaan Minyak

IPCONVEX (Integrated Petroleum Convention and Exhibiton) diselenggarakan pada Sabtu (16/2) di Aula Barat ITB. IPCONVEX merupakan salah satu acara dari rangkaian besar IPFEST 2019 yang diadakan setiap tahunnya oleh Society of Petroleum Engineers ITB Student Chapter (SPE ITB SC), Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia Seksi Mahasiswa ITB (IATMI SM ITB), dan Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan “PATRA” ITB. Mengangkat tema Walking Through Petrotech to Improve Oil Revenue with Enhanced Oil Recovery IPCONVEX tahun ini membahas seberapa penting penerapan Enhance Oil Recovery (EOR) untuk menjaga dan meningkatkan produksi minyak Indonesia.

IPCONVEX dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan dari project manager IPFEST 2019, Saif Izeldien Raizki, yang menyampaikan bahwa IPFEST 2019 adalah sebuah festival petroleum berskala internasional, tempat untuk menuangkan ide dan menyalurkan solusi dalam penggunaan energi terutama minyak di Indonesia, juga sebagai wadah mahasiswa untuk berani mengeluarkan kemampuan serta kontribusi untuk negara.

Acara selanjutnya adalah seminar, dengan Farasdaw Muchibbus Sajjad sebagai moderatornya. Sesi pertama seminar adalah regulation session, dibawakan oleh Prof. Dr. Ir. Purnomo Yusgiantoro dan Djoko Siswanto. Pembicara membawakan materi dari sisi regulasi pemerintah tentang bagaimana EOR dapat menjadi solusi dalam permasalahan mengenai keberadaan dan penggunaan minyak Indonesia di masa mendatang.

Sesi selanjutnya adalah technical session yang dibawakan oleh Prof. Ir. Tutuka Ariadji. M.Sc., Ph.D. dan Puti Permata. Dalam sesi ini, pembicara membawakan materi yang lebih condong ke teknik dari penggunaan metode EOR agar dalam penggunaan dan pemanfaatannya EOR bisa berdampak secara efektif.

IPCONVEX ini juga mengadakan exhibition atau pameran oil rig dan poster. Di sekeliling ruang seminar terdapat booth yang menampilkan beberapa miniatur oil rig yang bervariasi. Miniatur ini merupakan karya mahasiswa yang terpilih dari lomba Oil Rig Design Competition, salah satu rangkaian acara dari IPFEST 2019 yang telah dilaksanakan sebelumnya. Terdapat juga pameran poster yang menampilkan berbagai solusi inovatif terkait teknologi dan metode dalam industri minyak dan gas untuk memenuhi kebutuhan energi di masa depan. Poster-poster tersebut merupakan karya mahasiswa dari lomba Paper And Poster Competition IPFEST 2019.

33408

Dari hasil karya mahasiswa berupa desain oil rig dan poster, akan dipilih yang terfavorit melalui voting oleh peserta seminar. Terdapat 6 poster dan 8 desain oil rig yang diberikan nomor urut untuk voting. Peserta seminar menuliskan masing-masing satu nomor urut dari karya terbaik untuk desain oil rig dan poster. Kertas ini akan dikumpulkan pada kotak voting saat acara selesai.

Selain booth-booth yang menyuguhkan pameran hasil karya mahasiswa berupa poster dan desain oil rig, terdapat pula photobooth yang dapat dikunjungi oleh peserta seminar untuk mengabadikan momen dalam seminar IPFEST.

Di penghujung acara, peserta seminar juga dihibur oleh games kahoot terkait paparan dalam seminar. Tujuannya untuk menyegarkan kembali materi-materi yang dibawakan oleh para pembicara yang dikemas dengan cara unik dan tidak membosankan. Permainan ini dimainkan oleh peserta seminar yang hadir dengan menjawab berbagai pertanyaan tentang seminar yang berupa materi dari seminar ataupun profil dari para pembicara. Tiga partisipan yang dapat menjawab pertanyaan paling banyak secara benar akan diberikan hadiah. Selama permainan berlangsung, terlihat antusiasme yang cukup tinggi dari partisipan, ditandai dengan lebih dari 100 partisipan ikut bermain dalam games ini.

IPFEST diharapkan dapat menjadi bukti nyata mahasiswa dalam berkontribusi mendukung kebijakan EOR sebagai solusi meningkatkan produksi minyak khusunya di Indonesia.

Reporter dan Penulis: Maria Sinta Kusuma (SF’18) dan Gabriella Yovanda (SF’18)
Editor: Adella Nur Apriati (FI’17)
Dokumentasi: Boulevard ITB

Komentar