Berita Kampus Kilas

Harmoni dalam Balut Pertunjukkan Summer Festival di FPA XVI

Festival Paduan Angklung (FPA) merupakan suatu acara yang diselenggarakan oleh salah satu unit kegiatan mahasiswa di ITB yaitu Unit Keluarga Paduan Angklung (KPA). FPA merupakan acara yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali, dan tahun ini menjadi FPA yang ke-XVI. Diketuai oleh Esa Lahan Asawan (MT’16), FPA tahun ini bertajuk Summer Festival.

FPA telah dimulai sejak pertengahan tahun 2018. Mata acaranya sendiri terbagi menjadi dua yaitu pre-event dan main event. Rangkain acara pre-event berupa Workshop Penulisan Partitur Angklung dan Angklung Practical Class. Selain itu, beberapa kali pula KPA ITB melakukan konser-konser pensuasanaan yang ditunjukkan langsung kepada masyarakat. Konser ini dilakukan di tempat umum seperti di car free day Dago. Main event sendiri dibalut dalam sebuah kompetisi dari berbagai kategori, mulai dari kategori Sekolah Dasar hingga kategori umum. Seluruh rangkaian acara FPA ini ditutup dengan sebuah konser penutup yang sangat meriah.

Kompetisi paduan angklung diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut pada tanggal 10 Februari 2019 hingga tanggal 12 Februari 2019. Diadakan di Aula Timur ITB, kompetisi ini disambut dengan antusias oleh para peserta. Setiap harinya paduan angklung dari berbagai kategori menunjukkan kebolehannya dalam menyajikan penampilan yang menarik. Nantinya, pemenang dari setiap kategori akan tampil di konser penutupan FPA XVI.

myhome_0

Closing concert FPA XVI diselenggarakan pada 16 Februari 2019 di The Posters Hotel Mice. Konser ini dihadiri oleh banyak sekali penonton mulai dari mahasiswa hingga masyarakat umum. Dimulai pukul 19.00 WIB, acara dibuka dengan pengumuman-pengumuman pemenang dari kompetisi yang telah diadakan sebelumnya. Selanjutnya, penampilan dari para pemenang berhasil menghipnotis sekian banyak mata pengunjung dengan kepiawaiannya memainkan angklung dalam harmoni.

Tak hanya dari pemenang setiap kategori, KPA ITB juga menunjukkan kebolehannya dengan berkolaborasi dengan Infinity ITB dan MBWG ITB. Kolaborasi yang menakjubkan ini akhirnya menjadi penutup segala rangkaian FPA XVI yang memberikan bekas mendalam pada setiap pemeran yang ikut andil menyukseskan acara ini. “Meski awalnya ragu mau ikut tampil di closing concert, tapi aku menikmati semua prosesnya selama latihan yang sudah dari September 2018 bareng kondakturnya yaitu Arief dan Sabrina. Lelah harus membawa lima angklung berbagai ukuran sekaligus, tapi semuanya terbayar setelah tampil di malam yang penuh apresiasi. Salut dan terimakasih untuk seluruh panitianya,” ungkap Syahda Nauril (TK’17) yang ikut memeriahkan penampilan KPA ITB dalam closing concert ini.

Reporter dan Penulis: Alvi Zainita (TK’17) dan Irza Sanika (MT’17)
Dokumentasi: Boulevard ITB

Komentar