Berita Kampus Kilas

Sensasi Medieval dalam Genshiken Festival

Minggu (17/3), Genshiken ITB mengadakan sebuah acara yang bernama Genfest di Aula Barat ITB. Acara yang merupakan akronim dari “Genshiken Festival” ini ditujukan untuk kalangan umum—khususnya penggemar hal-hal yang berbau Jepang, komik, dan seni visual lainnya.

Genfest merupakan acara tahunan yang diadakan oleh UKM Genshiken. Setiap tahunnya, Genfest memiliki tema yang berbeda namun tetap menunjukkan ciri khas mereka yaitu menampilkan Vocaloid versi Genshiken atau yang disebut dengan Genvoca. Genvoca merupakan kolaborasi divisi Pengembangan dengan divisi-divisi lain di unit studi visual modern tersebut. Tema yang dibawakan Genfest tahun ini adalah “Medieval” atau zaman pertengahan. Genshiken ITB bermaksud mengangkat tema yang old but gold untuk membuktikan bahwa zaman pertengahan—yang erat kaitannya dengan sejarah—tak kalah menarik dengan seni modern.

Acara dibuka pukul 10.00 pagi dengan penampilan musik dari panitia, dilanjutkan dengan penilaian Cosplay Walk yang dilakukan pengunjung yang telah mendaftarkan dirinya secara cuma-cuma untuk melakukan perlombaan. Karakter yang dibawakan juga bermacam-macam, mulai dari anime, komik, game, sampai dengan impresi sejarah.

Pada sore hari setelah pengumuman lomba, acara dilanjutkan dengan penampilan cover dance dari panitia. Genvoca menjadi acara puncak dari acara ini. Mini konser Vocaloid pertama di kota Bandung tersebut menghadirkan Hatsune Miku, Gumi, Luka, Kaito, IA, serta duo Rin & Len dalam bentuk motion hologram yang bernyanyi diiringi band.

genfest 2

Di acara ini terdapat booth creator yang menjual hasil kreasi original seperti LightNovel.ID, Togar & Friends, JYJ_Artwork, Yoisho, Royal Sadist, KATSKWACI, Telor Ceplok, Kaiuku, Great Conspiracy Theory, Karrakon x Shata, Davantoz, Doujin Dalam Botol, KC Collection, Punten UKJ, dan Nakama. Tak hanya dimeriahkan oleh circle, acara Genfest juga diramaikan oleh kedatangan sejumlah komunitas, terutama komunitas pencinta Jepang.

Pengunjung terlihat sangat antusias menikmati acara ini. Salah seorang pengunjung, Fahmi, menyebutkan bahwa acara Genfest ini sangat bagus, hanya saja tempatnya kurang luas. Pengunjung lainnya, Arda, berpendapat kalau acara Genfest ini berbeda dengan event jejepangan lainnya. Menurutnya, acara Genfest ini memiliki tema yang unik, ditambah dengan konser Vocaloid-nya yang khas sehingga baginya acara ini amat menarik perhatian.

Genfest juga menjadi ajang bagi setiap divisi dari Genshiken untuk  memamerkan hasil karya yang berupa video game, card game, buku komik, buku cerita pendek bergambar, cosplay, MMD musik, dan banyak lainnya. Selain melihat karya-karya tersbut, pengunjung dapat menikmati  wahana interaktif seperti Bounty Hunting tempat pengunjung dapat bermain peran untuk menyelesaikan misi dan mendapatkan hadiah, lalu ada booth makanan dan minuman, serta booth penjualan merchandise. []

Reporter dan Penulis: Adis Najmia (FITB’18) dan Hanifa Chairunnisa Muharroro (STF’17)
Dokumentasi: Boulevard ITB

Komentar