Berita Kampus Kilas

KALIOPE 2019, Pameran Akademik yang Menghibur Sekaligus Mengedukasi

Ada suasana yang berbeda di Aula Timur ITB pada tanggal 24 dan 25 Mei 2019 ini. Jika biasanya diramaikan oleh seminar-seminar dengan topik yang berat, maka hari Jumat dan Sabtu silam, tempat itu dipenuhi oleh warna, gambar, serta karya yang penuh makna. Rupanya sedang diadakan pameran akademik mahasiswa TPB FSRD ITB 2018 dengan tajuk KALIOPE. Nama Kaliope sendiri diambil dari nama sebuah alat musik yang biasa dimainkan sebagai pertanda pertunjukan sirkus akan dimulai. Kata tersebut bermakna bahwa mahasiswa TPB FSRD ITB 2018 baru saja mengakhiri masa TPB dan akan memulai sebuah pertunjukan baru saat memasuki jurusan.

Ada lebih dari 2000 karya dari 200 mahasiswa TPB FSRD ITB angkatan 2018 yang dipamerkan. Karya yang dipamerkan merupakan hasil terbaik dari tugas-tugas yang dikerjakan selama masa perkuliahan di jenjang TPB. Karya-karya tersebut ditempatkan berdasarkan pilihan program studi para mahasiswa. Program-program studi yang terdapat pada FSRD ITB adalah Kria, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, dan Seni Rupa.

Selain membuat mata terpukau karena keindahan dari karya yang dipamerkan, pameran ini dapat menjawab rasa penasaran banyak orang mengenai bentuk tugas dan hasil karya yang dihasilkan mahasiswa TPB FSRD ITB. Berbagai jenis tugas dipamerkan oleh mahasiswa, termasuk salah satunya yang paling menarik adalah karya berbagai jenis nirmana. Nirmana memang menjadi salah satu materi pembelajaran mahasiswa TPB FSRD ITB. Dan pameran ini dijadikan ajang untuk menampilkan hasil karya sekaligus sebagai media apresiasi.

kal 3

Dalam setiap stand, tertera identitas mahasiswa pemilik karya dan disediakan pula portofolio mahasiswa tersebut. Portofolio menampilkan seluruh hasil karya yang dihasilkan oleh mahasiswa, termasuk karya yang tidak ditampilkan pada pameran KALIOPE 2019 ini.  Beberapa stand menyediakan sticky notes sebagai media pengunjung untuk mengapresiasi karya-karya mahasiswa, selain itu tidak sedikit juga mahasiswa yang menyediakan berbagai suguhan di stand-nya untuk menarik pengunjung, seperti sticker dan permen.

kal 1

Selain pameran karya mahasiswa, KALIOPE 2019 ini juga menyuguhkan talkshow dengan berbagai narasumber dan topik yang menarik. Seperti salah satunya Nata Tan yang menjadi narasumber pada talkshow hari pertama. Topik yang dibawakan pada talkshow ini adalah “Peluang Usaha di Bidang Industri Kreatif”. Topik ini tentunya sangat menarik bagi kalangan mahasiswa terutama mahasiswa FSRD ITB karena memang mereka nantinya akan berkecimpung di bidang industri kreatif. Begitu pula pada hari kedua, terdapat talkshow dengan Wastana Haikal, Rachel Ajeng, dan Yosia Raduck sebagai narasumbernya.

Dalam pameran KALIOPE 2019 ini juga diadakan pre-event yang ditujukan pada pelajar dan juga mahasiswa, seperti parade CFD, workshop dan kompetisi menggambar digital. Pemenang kompetisi tersebut diumumkan sebelum acara talkshow hari pertama dimulai. Berbagai penampilan juga disugukan sebagai penghibur bagi pengunjung, seperti tarian  dan penampilan solo dari mahasiswa TPB FSRD 2018. Selain penampilan dari mahasiswa TPB FSRD ITB 2018, ada juga penampilan dari band Saint Fiction yang turut memeriahkan KALIOPE 2019 ini.

Reporter dan Penulis: Jeihan Aulia Ramdhani (STEI’18) dan Maria Sinta Kusuma (SF’18)
Dokumentasi: Boulevard ITB

Komentar