Berita Kampus

Reformasi Dikorupsi, Sebuah Aksi

Selasa, 24 September 2019 bumi Ganesha kembali ramai. Ratusan massa aksi memadati area sekitar Kolam Indonesia Tenggelam untuk menunjukkan keresahannya terkait RKUHP. Mengenakan pakaian serba hitam, massa kampus berdiri di sekeliling Intel sebagai tanda keprihatinannya terhadap kondisi Indonesia saat ini.

Aksi didahului oleh arak-arakan yang dimulai dari Boulevard dan Sunken Court. Peserta aksi mendendangkan lagu Totalitas Perjuangan sembari membawa berbagai tulisan sebagai bentuk protes terkait RKUHP. Lalu peserta aksi dikumpulkan di area Kolam Indonesia Tenggelam untuk menyuarakan keluh kesahnya dalam sebuah ajang mimbar terbuka.

Mimbar terbuka diisi oleh beragam orasi dan retorika membawa narasi penggunggah kesadaran, menunjukkan keprihatinan dan kedukaan akan demokrasi di Indonesia. Selain itu, terdapat beberapa aksi simbolis perasaan duka massa kampus seperti melepaskan bunga di pinggir Intel dan juga menuangkan cairan merah sebagai representasi dari darah bangsa ini.

Terlebih lagi, salah satu mahasiswi Seni Rupa turut memasuki kolam Intel dan menenggelamkan manekin yang telah dimutilasi. Tindakan ini merepresentasikan bahwa oknum-oknum yang hanya mementingkan kepentingan pribadi dan juga para koruptor layak ditenggelamkan.

Ketika waktu telah menunjukkan lebih dari pukul lima, aksi ini disudahi. Aksi ditutup dengan pelantunan lagu Totalitas Perjuangan dan dilanjutkan dengan Salam Ganesha. (Tim Redaksi Boulevard)

Boulevard ITB
Lewat Kata, Karsa, dan Karya

Komentar