Berita Kampus Kilas

Seminar Nasional MCF ITB 2019, Bagaimana Peran Matematika dalam Industri 4.0

Sabtu (28/09) telah diadakan Seminar Nasional MCF ITB 2019 di Multipurpose Hall CRCS ITB. Seminar ini merupakan rangkaian acara dari Mathematical Challenge Festival (MCF) ITB 2019, sebuah acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Matematika ITB dan bekerja sama dengan Program Studi Matematika ITB serta Kelompok Keahlian Matematika Indusri dan Keuangan. Pada tahun ini, tema yang diusung adalah “Industry Revolution 4.0 : Surviving in Big Data Era”.

Seminar Nasional MCF ITB 2019 dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama membahas topik The Significance of Big Data in Business dengan pembicaranya antara lain Dr. Rinovia M. G. Simanjuntak, S.Si, M.Si yaitu dosen matematika ITB, dan Ardya Dipta Nandaviri selaku senior data scientist Gojek. Kemudian pada sesi kedua membahas topik Into the Future With Artificial Intelligence. yang narasumbernya adalah Evellyn Verity Mesak selaku Global Banking Performance Management at Maybank Indonesia, Anis Radianis sebagai co-founder & CEO FINEOZ, serta Alex Ginting sebagai Chief Product Officer Eureka AI.

MCF ITB 2019 diselenggarakan dengan tujuan untuk menambah wawasan masyarakat mengenai matematika dan wadah pengembangan karakter bagi anggota Himpunan Mahasiswa Matematika ITB. Tema besar yang diangkat oleh acara MCF tahun ini adalah Mathematics 4.0, yaitu bagaimana peran matematika dalam industri 4.0. Selain seminar nasional, mata acara lain dalam MCF ITB 2019 adalah Mathematics Modelling Competition, ITB Mathematics Olympiad, dan Data Science Competition.

Di abad 21 ini, data sudah seperti kebutuhan wajib yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Arus pertukaran informasi semakin mudah dan cepat. Data yang diterima setiap hari semakin banyak. Bagaimana data tersebut diolah dan digunakan dengan sebaik-baiknya akan menjadi tantangan tersendiri. Untuk menjawab hal tersebut, matematika-lah bisa menjadi jawabannya.

Reporter dan Penulis: Anastasia Cesaria Azra (AS’18)
Dokumentasi: Boulevard ITB

Komentar