Berita Kampus Kilas

Menjelajah Dunia Teknologi Informasi bersama Arkavidia 6.0

Arkavidia 6.0 adalah serangkaian acara dari HMIF ITB yang terdiri dari Arkavidia Talk, IT Festival, dan berbagai perlombaan yang berhubungan dengan IT. Dengan mengusung tema “Embracing Our Nation in Digital Transformation”, Arkavidia menghadirkan IT Festival yang diisi oleh perusahaan dan startup teknologi informasi di berbagai bidang seperti Edutech, e-Commerce, HealthTech, FinTech, dan Tourism. IT Festival ini terbuka untuk umum dan gratis. Lalu, ada Arkavidia Talk, seminar yang sebagian besar berbayar, namun terdapat satu sesi yang terbuka untuk umum dan gratis.

ark

IT Festival yang berlangsung tanggal 8 Februari 2020 di Lapangan Voli dan Basket ITB ini sukses mengundang banyak orang untuk mengunjungi booth-booth tersebut. Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh IT Festival ini adalah adanya hadiah yang dapat ditukarkan dengan poin tertentu. Point didapat dari games-games yang diadakan oleh setiap booth. Pengunjung yang baru datang akan diarahkan untuk melakukan registrasi di web Arkavidia. Setelah melakukan registrasi, pengunjung akan mendapat account dengan QR Code unik yang dapat diisi dengan point.

Setiap booth mempunyai desain, produk, dan games yang unik, contohnya booth Inkubator IT yang menawarkan jasa membuat program. Inkubator IT dikelola oleh tim HMIF ITB dan juga memberi games sederhana, seperti mengacak kata. Beberapa booth hadir dengan games yang interaktif, seperti Moka yang menghadirkan games yang memungkinkan satu pengunjung bersaing dengan pengunjung lainnya untuk mendapatkan poin. Dengan mengikuti tren yang sedang viral, booth My Matrix mengajak pengunjungnya untuk bermain Tiktok dengan menggunakan lagu Ubur-Ubur atau Siapa Benar Siapa Salah. Lalu, dengan memanfaatkan tema acara yang berbau IT, Hacktiv8 hadir dengan permainan mencari kata yang berhubungan dengan dunia pemrograman.

ark3

Adanya berbagai hadiah menarik seperti totebag, kaos, tumblr, dan notebook membuat pengunjung semakin antusias untuk mengumpulkan poin. Ketika jam menunjukkan angka 13.00, terlihat bahwa hadiah-hadiah sudah mulai habis. Pengunjung tidak merasa sulit untuk mendapatkan hadiah karena hanya dengan mengunjungi 4 booth saja, reporter-reporter kami sudah bisa menukarkan poinnya dengan totebag dan tumblr yang berkualitas. Terdapat juga hadiah-hadiah yang bisa ditukar dengan point yang sedikit, seperti stiker. Sehingga, poin yang dikumpulkan tidak ada yang terbuang sia-sia.

ark4

Tidak hanya itu, terdapat juga panggung di tengah area booth untuk presentasi berbagai platform teknologi yang ada, mulai dari Edutech, e-Commerce, HealthTech, FinTech, sampai Tourism. Presentasi yang diberikan antara lain membahas tentang produk mereka sampai open recruitment untuk program yang mereka adakan.

Acara menarik lainnya adalah Arkavidia Talk, yaitu seminar yang mengundang praktisi dan professional untuk berbagai materi mengenai implementasi teknologi informasi. Bentuknya terbagi menjadi tiga, yaitu public talk, advanced talk, dan talkshow. Public talk membuka diskusi dua arah mengenai isu yang berada di dunia teknologi informasi, sedangkan advanced talk adalah seminar serta workshop yang berupa hands-on yang terfokus kepada technical dan pembicara akan lebih banyak berinteraksi secara langsung dengan peserta.

Public Talk memiliki dua sesi, sesi pagi dan sesi siang. Public Talkshow ini membawa empat topik, Leading Technology in FMCG, Optimizing Travel using AI, How to Start then Scale Your Business With Technology, dan Digital Transformation in Goverment. Sedangkan, Advanced Talk membawa dua topik, yaitu mengenai Data Engineering 101 dan Introducing Concurrent Mode in React. Terdapat juga talkshow yang membawakan topik Breaking the Stigma: Careers for Woman in Tech.

Melalui rangkaian acara-acara tersebut, Arkavidia ingin memperkenalkan kemajuan dunia teknologi informasi yang sedang berkembang dengan pesat kepada masyarakat, membawa banyak insight mengenai teknologi-teknologi terbaru yang dipakai untuk industri, dan aplikasinya untuk memenuhi kebutuhan bangsa kita di era transformasi digital ini secara maksimal.

Reporter: Maria Kirana FMIPA’19, Rahmah K. Nurdini STEI’19, Nadhira Ranadhiyavashti FMIPA’19

Penulis: Maria Kirana FMIPA’19, Rahmah K. Nurdini STEI’19

Komentar