Artikel Kampus

5 Fitur di Microsoft Teams yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Di masa pandemi ini banyak pekerja maupun pelajar yang melakukan kegiatannya di rumah atau istilah populernya work from home. Akhirnya penggunaan platform yang dapat mensinkronisasikan tugas dan materi pembelajaran secara daring pun digunakan, salah satu aplikasi yang dapat menunjang hal tersebut adalah Microsoft Teams. Bagi kalangan ITB, Microsoft Teams tentu bukanlah sebuah aplikasi yang asing. Diberikannya akun microsoft 365 secara cuma – cuma pada civitas akademika ITB, membuat Microsoft Teams menjadi aplikasi belajar mengajar yang paling umum digunakan saat ini di ITB. Namun sudah taukah kamu akan keberadaan beberapa fitur Microsoft Teams ini? Berikut merupakan 5 fitur Microsoft Teams yang mungkin belum kamu tahu:

  1. Dapat cepat menyelesaikan tugas dengan slash commands

Bagi kamu yang males buat ngetik sesuatu di MS Teams, cara ini patut banget dicoba lho. Slash command adalah frasa pendek yang diawali dengan tanda slash (/) yang akan menghasilkan suatu tindakan tertentu di aplikasi MS Teams ini. Berikut contoh-contoh slash command bermanfaat yang bisa kamu gunakan:

/activity: bisa melihat kegiatan seseorang

/available: mengubah status MS Teams kamu menjadi available

/call: memulai panggilan

/files: melihat file terbaru kamu

/goto: masuk ke team/channel tertentu

/join: bergabung dengan team

/mentions: memeriksa siapa saja yang sudah pernah mention kamu

/saved: melihat apa saja yang sudah pernah kamu unduh

/unread: melihat semua aktivitas yang belum kamu tau

/whatsnew: mengecek apa saja yang terbaru

2. Mendapatkan akses langsung dengan email, Skype, OneDrive, dan SharePoint

Selain dapat menggunakan aplikasi office 365 seperti microsoft word, microsoft excel, dan aplikasi microsoft lainnya, kamu juga dapat mengakses file secara langsung dari email ataupun OneDrive kamu. Ini sangat berguna juga ketika kamu sedang mengadakan kerja kelompok. Kamu dan teman-teman kelompok kamu dapat mengakses secara bersamaan ke OneDrive dan mengerjakan tugas secara bersama-sama.

3. Fitur pengurangan bising

Dengan fitur ini memungkinkan Microsoft Teams secara real time mengurangi kebisingan yang ada di sekitarmu saat meeting berlangsung. Cocok banget nih digunakan buat kamu yang merasa keadaan tempat belajarmu sangat berisik dan malah jadinya tidak fokus pada kelas online.

4. Fitur private chat dan general channel chat

Pada aplikasi Microsoft Teams ini selain bisa mengadakan kelas online dengan dosen, kamu juga bisa lho membuat multiple chat bareng teman-teman kamu. Misal, jika kamu ada tugas kelompok, kamu tidak perlu menggunakan media sosial lain. Kamu bisa langsung membuat grup kelompok di Microsoft Teams. Kamu juga bisa melakukan private chat dengan dosen ataupun teman-teman kamu.

5. Dapat membagikan lokasi dan informasi

Ini sangat berguna kallau kamu ingin mengetahui lokasi real time teman kamu. Kamu bisa saling mengingatkan jika misalnya teman kamu ada kelas tapi dia malah asik keluyuran di luar. Oops!

 

Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman saat menjalankan kuliah online ini, ya! Semangat!

Oleh : Shefira Herlindya Putri, Akbar Noor D

Editor: Maria Sinta K.

 

References

Ghioni, A. (2020, April 30). The Best 25 Features of Microsoft Teams in 2020. From www.stanfieldit.com: https://www.stanfieldit.com/microsoft-teams/

Liat Ben-Zur, Corporate Vice President, Modern Life, Search, and Devices. (2020, June 22). Introducing new features in Microsoft Teams to connect you with friends and family—now available in mobile preview. From www.microsoft.com: https://www.microsoft.com/en-us/microsoft-365/blog/2020/06/22/introducing-features-microsoft-teams-connect-friends-family-available-mobile-preview/

 

Komentar