Artikel Berita Kilas

Satu Juta Barel untuk Indonesia

Indonesia sebagai salah satu produsen minyak mentah di dunia saat ini tengah menargetkan produksi satu juta barel minyak per hari pada tahun 2030. Gebrakan ini tentu saja hal yang menarik sekaligus menantang bagi pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia perminyakan. Salah satunya adalah SPE ITB, organisasi mahasiswa ITB yang aktif melakukan kajian serta kegiatan pengembangan yang berhubungan dengan penambangan minyak bumi dan gas. Dalam menunjukkan perannya, SPE ITB menyediakan fasilitas pendukung berupa pelaksanaan acara bertajuk Petrologue yang mengangkat tema “Realizing One Million Barrel Per Day by 2030 through Mature Field Development”. Acara ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang industri perminyakan dan optimalisasinya, termasuk langkah-langkah efektif yang dapat diterapkan dalam praktiknya di lapangan. Rangkaian acara Petrologue terdiri dari empat kali seminar online dan Science Fun Day  yang secara keseluruhan dimulai pada tanggal 22 Januari sampai 18 Februari 2021.

Dalam acara tersebut, Petrologue berfokus pada peningkatan produksi minyak nasional melalui pengembangan dan pemanfaatan kembali sumur tambang yang sudah tua dan telah mencapai akhir masa produksi (mature field) melalui metode enhanced oil recovery (EOR) yang mengangkat volume minyak yang sebelumnya tidak bisa diproduksi karena kental dan berat. Secara umum, penambangan secara konvensional hanya akan menghasilkan sekitar 30-40% minyak dari keseluruhan jumlah minyak yang seharusnya dihasilkan.  Dengan EOR, jumlah minyak dapat ditingkatkan hingga lebih dari 50%. Hal ini tentunya sangat berguna bagi produksi minyak nasional, mengingat keberadaan minyak bumi sebagai salah satu sumber daya alam yang tidak terbarukan. Dalam merintis pengembangan metode ini, para stakeholder  telah memulai tahap pengujian dan penerapan langsung di lapangan, salah satunya di Mahakam.

Selain melalui pendekatan secara teknis, peningkatan produksi dalam industri minyak juga dapat dilakukan dengan penyediaan SDM yang berkualitas. Salah satu tema webinar Petrologue yang berfokus pada masalah ini menyoroti peran LinkedIn dalam membangun jaringan kerja melalui personal branding yang profesional. Platform LinkedIn dinilai sangat efektif dalam penyediaan SDM berkualitas karena menyediakan fitur yang lengkap, membuat pihak HRD dari berbagai perusahaan dapat mengetahui kualifikasi calon pegawai dengan pasti.

Rangkaian acara Petrologue yang terakhir adalah Science Fun Day. Acara ini merupakan webinar bagi anak-anak sekolah dasar untuk memperkenalkan secara singkat bermacam sumber energi, terutama dalam dunia perminyakan. Science Fun Day didesain semenarik mungkin agar anak-anak tidak cepat bosan dengan mengedepankan konsep bermain sambil belajar. Harapannya, anak-anak sekolah dasar ini dapat menemukan ketertarikan di bidang perminyakan atau bahkan sumber energi lain sebagai bekal mereka di masa depan.

Penulis : Hanifa Juliana (SAPPK’20) dan Muhammad Akbar Noor Diza (MS’19)

Editor: Arini Rahma Adzkia (EB’19)

Komentar